Selasa, 08 November 2022

PANDUAN MERDEKA BELAJAR TOPIK 1

 KUNCI  JAWABAN MODUL 1

MENGENALI DAN MEMAHAMI DIRI SEBAGAI PENDIDIK


Latihan Pemahaman

Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar

Cerita Reflektif

Agar dapat mengenali karakteristik dan kebutuhan murid, sebagai seorang Pendidik saya harus dapat berkomunikasi dengan murid, baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Sisi positif keberlangsungan komunikasi dengan guru dan murid akan menimbulkan sisi positif lainnya yaitu senang belajar dengan belajar yang menyenangkan.



Latihan Pemahaman

menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

Cerita Reflektif

Menurut pandangan murid-murid saya, saya adalah guru idola. Selain disukai karena inovasi, saya mengejar dengan penuh semangat dan menyenangkan



Latihan Pemahaman

mempermalukan di depan murid lain

Cerita Refletif

jika saya bisa kembali ke masa saat saya duduk di bangku sekolah, saya ingin belajar kepada semua guru degan sebaik-baiknya


POS TEST

1. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan

2. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain.

3. Perilakunya 

4. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik

5. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter

6. Mendidik masyarakat

7. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital

8. Kebudayaan

9. Adaptif

10. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya


KUNCI  JAWABAN MODUL 2

TOPIK MENDIDIK DAN MENGAJAR


Latihan Pemahaman

Mengajar

Cerita Reflektif

Sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi saya sewaktu menjadi murid dulu adalah guru yang cerdas, paham kebutuhan muridnya, tidak membeda-bedakan muridnya dan selalu memberikan kesempatan agar muridnya bisa mengutarakan pendapat ataupun memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi pelajaran yang dijelaskan.


Latihan Pemahaman

Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas 

Cerita Reflektif

Saya melakukan pembelajaran yang membuat siswa fokus pada nilai, saya menekankan kemampuan kognitif siswa, seperti belajar keras ketika akan ujian, sehingga ketika siswa mendapatkan nilai yang rendah saya menganggap siswa belum berhasil


Latihan Pemahaman

Didikan lahir dan batin

Cerita Reflektif

Materi yang ingin saya ajarkan kembali adalah prosedure teks, saya ingin memperbaiki cara saya mengasah nalar, kemampuan berpikir dan kebutuhan murid


POS TEST

1. Tuntuntan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

2. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik itu sebagai manusia apapun anggota masyarakat.

3. Guru mengamati minat murid terhadap puisi.

4. Pengajaran

5. Akal budi yang berkembang

6. Pengajaran dalah salah satu bagian dari Pendidikan

7. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan

8. Pendidikan emosional dan olah rasa

9. Mengatur orang lain

10. Humanis, Kerakyatan, Kebangsaan

11. Beriman 

12. Membuat diri murid menjadi seimbang


KUNCI  JAWABAN MODUL 3

TOPIK MENDAMPINGI MURID DENGAN UTUH DAN MENYELURUH


KODRAT MURID

Latihan Pemahaman

Kodrat Alam

Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid

Semua Jawaban Benar

Cerita Reflektif

Untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid, saya menggunakan Instagram, YouTube, dan Facebook sebagai media untuk mengasah ketrampilan abad ke-21 murid  


TRIKON

Latihan Pemahaman

Kontinuitas

Cerita Reflektif

Mengingat saat ini setiap desa memiliki program unggulan untuk memajukan desanya seperti objek wisata unggulan desa yang dikelola oleh BUMDes, maka pada materi mendeskripsikan tempat saya akan memberikan projek kelompok kepada siswa dengan meberikan pertanyaan seperti:

- Apa yang menjadi keunikan desamu bila dibandingkan dengan desa lainnya?

- Anda bisa mengelaborasikannya dengan potensi utama desa atau objek wisata ungulan di desamu?

Sebelum projek dipresntasikan guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk melakukan konseling.

Hasil projek akan dipublikasi melalui akun sosial media mereka sebagai bentuk perayaan atas terselesaikannya projek mereka dan sebagi wujud kontribusi mereka untuk memperkenalkan keunikan dan potensi desanya kepada masyarakan luas.

POS TEST

1. Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

2. Peran guru sebagai Fasilitator dan pembelajaran konstektual

3. Konvergen

4. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid

5. Pembelajaran konstektual

6. Tuntutan masa depan

7. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid

8. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid

9. Kontinyu

10. Hidup dengan mnimalis dan secukupnya

KUNCI  JAWABAN MODUL 4

TOPIK MENDIDIK DAN MELATIH KECERDASAN BUDI PEKERTI


KODRAT MURID

Latihan Pemahaman

Budi Pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah

Teori Tabula rasa dan Teori Negatif

Cerita Reflektif

Sebelum masuk ke dalam sekolah, pada pintu gerbang siswa dibiasakan untuk menyapa, memberi salam, bersikap sopan, dan santun. Kemudian siswa juga dibiasakan untuk memarkirkan sepeda sesuai dengan tempatnya.


POS TEST

1. Pengetahuan 

2. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga

3. Jiwa

4. bagian biologis

5. dipengaruhi keadaan dan lingkungan

6. keluarga

7. Psikomotorik

8. Membantu murid menemukan budi pekertinya

9. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif

10. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis

11. tabularasa

12. Biologis dan intelligible














KUNCI  JAWABAN MODUL 5

TOPIK PENDIDIKAN YANG MENGANTARKAN KESELAMATAN DAN KEBAHAGIAAN


Mengantarkan Murid Selamat dan Bahagia

Latihan Pemahaman

Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi

Kodrat Alam dan Kemerdekaan murid

Proyek

Cerita Reflektif

Materi dan pemahaman bermakna yang ingin saya sampaikan adalah saya akan terus berupaya memfasilitasi belajar kalian. Mari terus belajar dengan penuh semangat , menikmati proses belajar, dan yainlah setiap kita memiliki potensi yang luar biasa.


Menciptakan Lingkungan pembelajaran Terbaik murid

Latihan Pemahaman

Gotong royong dan bekerja sama

Sekolah menyediakan sumber belajar yang ada di sekitarnya ( orang tua dan ,komunitas )

Cerita Reflektif

Dalam pembelajaran saya sudah melibatkan orang tua dan warga sekolah. Mereka ikut dilbatkan dalam pembelajaran terutama pada materi pembelajaran terkait pekerjaan. Mereka sebagai sumber pembelajaran bagi siswa.


POS TEST


1. Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya.

2. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid

3. Di depan memberi teladan

4. Kompetensi Literasi

5. Memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang

6. Mengevaluasi dan merefleksi proses dan capaian belajar

7. Orang tua atau keluarga

8. Perguruan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar